Jumat, 27 Maret 2009

Om-kara Bali
Balinese Spiritual Community

Philosophy
Om-kara adalah symbol yang digunakan di komunitas Hindu di Bali sebagai symbol Tuhan. Ditulis menggunakan huruf Bali yang terdiri dari huruf O yang juga adalah symbol untuk angka 3 yang mewakili penyatuan universal Trinity, bentuk seperti bulan sabit yang disebut Ardha Candra, bentuk bulat atau Windu dan dan symbol bintang atau Nada.

Dalam aplikasinya, symbol ini dipakai sebagai segel suci untuk setiap aktivitas spiritual atau implementasinya. Dalam keseharian orang hindu bali symbol ini dituliskan diatas berbagai material dengan tujuan-tujuan khusus dimana diyakini symbol ini akan memberikan perlindungan atau pemenuhan keinginan lainnya.

Banyak sekali pengetahuan yang mengupas tentang symbol ini, tetapi dalam komunitas kami, symbol ini diartikan sebagai The Key to Universal Vibration.



The Community
Komunitas Om-kara Bali beranggotakan orang-orang yang mempelajari, mengajarkan dan menerapkan ajaran spiritual Bali dalam berbagai kegiatan pelayanan masyarakat. Lontar-lontar kuno yang berisikan ajaran spiritual, merupakan sumber keilmuan yang menjadi dasar metode terapan yang disesuaikan dengan kultivasi kesadaran masyarakat modern.

Berbagai golongan masyarakat dari berbagai strata dan pendidikan bersama-sama menemukan essensi paling mendasar dari keilmuan tradisional Bali sehingga kemudian dapat diciptakan metode terapan yang paling efektif untuk diajarkan dan diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan.

Anggota komunitas ini memilki jiwa kebebasan, sehingga apapun dan siapapun dapat menjadi anggota asalkan memilki satu tujuan yang sama yaitu mengaplikasikan kebijakan Bali untuk meningkatkan kwalitas kehidupan material dan spiritual.

The Vision: Better Life with Balinese Wisdom.

The Mission: Modernize & Universalize the Balinese Wisdom.

Membership
Keanggotaan komunitas ini terbagi atas beberapa kelompok didasarkan atas fungsi dan kebutuhan yang masing-masing terikat oleh kebijakan komunitas.

Anggota Pendiri: Adalah founding fathers dari komunitas dan menjadi koodinator dari seluruh kegiatan komunitas. Para pendiri memiliki otoritas absolute atas komunitas yang dimaksudkan untuk menjaga komitmen dan merupakan kekuasaan yang bebas dari kesewenang-wenangan karena berpegangan pada prinsip-prinsip spiritual.

Anggota Kehormatan: Adalah anggota yang bergabung atau diminta kesediaannya untuk bergabung karena memiliki kelebihan dalam bidang tertentu. Keanggotaan ini dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan compatibilitas komunitas menghadapi masyarakat yang majemuk.

Anggota Fungsional: Adalah anggota dengan keahlian tertentu yang diperlukan untuk pelaksanaan Social Sevices. Para praktisi penyembuhan dan keilmuan lain yang berhubungan dengan tujuan komunitas dapat direkrut untuk menjadi anggota fungsional.

Anggota Biasa : Adalah anggota yang bergabung atas keinginan sendiri dengan tujuan yang sesuai dengan tujuan komunitas. Anggota masyarakat yang memiliki minat untuk mempelajari disiplin keilmuan tradisional dan bersedia untuk mengikuti seluruh aturan yang berlaku dapat mendaftarkan diri untuk bergabung dan mengikuti kegiatan yang dipilih.

Management: Anggota yang bertugas khusus untuk menjalankan mesin komunitas dan mengurus hal-hal yang berkaitan dengan administrasi, sosialisasi dan pengembangan komunitas.

Nb. Seorang anggota dapat memiliki beberapa status keanggotaan sekaligus dengan memperhatikan potensi distorsi sebagai pertimbangan.

Products & Services:

Therapy:
Herbal
Dengan menggunakan Lontar Taru Pramana sebagai acuan dasar dan dilengkapi dengan metode herbal dari kultur lainnya di dunia, Divisi Herbal melayani masyarakat dengan membuat dan memberikan ramuan herbal untuk penyembuhan berbagai penyakit. Tumbuhan obat yang digunakan juga diusahakan untuk diproduksi sendiri atau didapatkan dari masyarakat. Akademisi dari keilmuan terkait mendeskripsikan metode ini sehingga dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat.

Massage
Meskipun secara khusus belum ditemukan referensi asli Bali yang mengungkap penyembuhan dengan metode pijat, namun realita di masyarakat yang mengakui eksistensi Balian Apun atau Balian Uwut jelas merujuk pada metode penyembuhan ini.

Mental & Soul Therapy
Kebijakan yang menjiwai ajaran tradisional Bali, secara essensi ternyata merupakan ilmu penyembuhan yang secara khusus menggarap bidang mental dan kejiwaan.

Spiritual Healing
Sebagian besar lontar mengandung keilmuan yang menjabarkan tetang penyakit dan penyembuhan yang terselubung dengan bahasa spiritual, sehingga sejak jaman dulu metode ini digunakan secara luas oleh para Usadi.


Education & Training:
Lontar Study Center
Kekayaan intelektual tradisional yang sebelumnya menjadi hal yang eksklusif untuk kalangan tertentu, diupayakan untuk dibuka dan diajarkan kepada masyarakat umum dan internasional.

Mind Power Training
Spiritualitas berdasarkan pengetahuan dan penggunaan kekuatan pikiran yang selanjutnya diterapkan untuk meningkatkan kwalitas hidup. Pelatihan ini tetap menggunakan disiplin spiritual Bali sebagai acuan pengajaran.

Healing Methods Training: Herbal, Massage, Spiritual Healing.
Praktisi penyembuhan yang tergabung dalam komunitas juga mengajarkan dan melatih masyarakat yang berkeinginan untuk mempelajari dan kemudian mengembangkan skill penyembuhan sesuai kemampuan masing-masing.

Art & Culture Courses
Pelatihan kesenian dan budaya Bali lengkap dengan pemahaman secara spiritual untuk digunakan sebagai metode sebuah pencapaian.

Special Products
Corporate & Bussines Training ( Team Building, Collective Vision, Motivation & Empowerment, Mind Power Training, etc ).
Dengan menggunakan prinsip-prinsip spiritual hindu membantu membangun dan mengembangkan usaha dan kesejahteraan material bagi perusahaan dengan bimbingan khusus untuk meningkatkan kinerja Team, pencapaian Target dsb.

Life-Coaching
Bimbingan Private untuk mencapai keinginan.

Stress Management
Mengelola stress agar menjadi benefit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar